Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus


WhatsApp adalah platform obrolan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan teman, keluarga, dan kolega. Masalah penghapusan pesan penting WhatsApp yang dilakukan secara tidak sengaja kini bisa dihindari dengan pemulihan obrolan WhatsApp di perangkat iOS dan Android.

 

Basis pengguna WhatsApp yang berjumlah sekitar dua miliar mungkin menemukan bahwa, sesekali mereka mungkin ingin menghapus percakapan, tetapi terkadang mereka melakukannya secara tidak sengaja. Lalu bagaimana cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus?

 

Obrolan yang diarsipkan bisa dipulihkan dengan mudah di dalam aplikasi milik Meta ini, tetapi mencoba melakukan hal yang sama dengan pesan yang dihapus dapat menjadi tantangan. Berikut telah disusun panduan tentang cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus di iPhone atau Android.

 

Memahami Cadangan Obrolan WhatsApp

Untuk mengembalikan obrolan WhatsApp yang sudah dihapus, anda harus mengaktifkan cadangan obrolan di pengaturan. WhatsApp menawarkan beberapa frekuensi pencadangan di Under Auto Backup untuk harian, mingguan, bulanan, dan nonaktif.

 

WhatsApp hanya menyimpan file cadangan terbaru di iOS serta dua file cadangan terbaru di Android. Pencadangan otomatis harian ini memudahkan pemulihan pesan segera setelah dihapus.

 

Sementara pencadangan otomatis mingguan memungkinkan pengguna untuk melangkah lebih jauh dalam memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus kurang dari tujuh hari lalu dengan kehilangan pesan obrolan terbaru. Cukup pilih frekuensi pencadangan otomatis WhatsApp yang paling sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Diarsipkan

Jika obrolan WhatsApp anda diarsipkan, pengguna iOS bisa mengembalikan pengarsipan dengan menggoyang iPhone serta memilih batalkan untuk memulihkan pesan yang diarsipkan. Meskipun obrolan diarsipkan beberapa waktu lalu, anda masih bisa memulihkannya. Caranya:

 

Untuk iOS:

 

     Gulir ke atas dalam daftar obrolan hingga obrolan yang diarsipkan muncul.

 

     Ketuk di atasnya, lalu geser ke kiri pada obrolan untuk memulihkan. Ketuk batalkan pengarsipan.

 

Di Android:

 

     Ketuk obrolan yang diarsipkan di bagian bawah daftar obrolan.

 

     Ketuk dan tahan obrolan yang ingin anda pulihkan, lalu pilih ikon batalkan pengarsipan.

 

Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp yang Dihapus

1. Instal Ulang Aplikasi WhatsApp

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus caranya cukup hapus dan instal ulang aplikasi WhatsApp. Ketika anda menginstal ulang aplikasi WhatsApp, anda akan diminta untuk memulihkan riwayat pesan dari file cadangan. Pilih pulihkan dan semuanya dari cadangan terbaru akan dipulihkan.

Metode untuk mengembalikan obrolan WhatsApp yang dihapus ini berfungsi di iOS dan Android, tetapi harus dalam frekuensi pencadangan otomatis yang anda pilih. Karena itu, kalau frekuensi pencadangan otomatis sudah diatur ke harian, maka dengan mudah anda bisa mengembalikan obrolan yang dihapus sebelum pencadangan berikutnya.

 

2. Pulihkan Obrolan WhatsApp dari Google Drive

 

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus. Pertama, pastikan bahwa WhatsApp telah mencadangkan riwayat obrolan ke akun Google Drive anda. Jika anda beralih ke perangkat baru, masuk ke akun Google anda terlebih dahulu.

 

Pengguna dapat memilih untuk mencadangkan riwayat obrolan mereka setiap hari, mingguan, atau bulanan. Untuk memulihkan riwayat obrolan WhatsApp anda, instal WhatsApp dan verifikasi nomor telepon anda.

 

Setelah masuk dan verifikasi selesai, WhatsApp akan meminta anda untuk memulihkan riwayat obrolan dari Google Drive. Klik 'pulihkan' untuk menyelesaikan proses ini. Setelah selesai, ketuk 'berikutnya' untuk menemukan obrolan lama anda.

 

3. Pulihkan Obrolan WhatsApp dari Cadangan Lokal

 

Cara mengembalikan chat WhatsApp yang sudah dihapus. Pertama, buka pengelola file anda, atau unduh jika anda tidak memilikinya. Cari folder WhatsApp yang biasanya ada di penyimpanan internal. Setelah masuk ke folder, ketuk database.

 

Disini anda akan menemukan cadangan riwayat obrolan anda yang diatur berdasarkan tanggal. Pastikan memiliki riwayat obrolan tanggal yang anda inginkan. Jika anda memiliki data WhatsApp yang disimpan di kartu SD, salin entri terbaru di folder database.

 

Kemudian tempel di folder dengan nama yang sama di penyimpanan internal anda. Kemudian hapus aplikasi WhatsApp dan instal ulang, kemudian  masuk menggunakan nomor telepon anda. Izinkan WhatsApp memulihkan riwayat obrolan anda dengan mengetuk tombol 'pulihkan'.

 

 


Posting Komentar untuk "Inilah Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus"